PROFIL SEKOLAH

SMP Taruna Mandiri adalah sekolah yang berkomitmen untuk ikut membentuk generasi berkualitas (bermutu) yang mampu mengimplementasikan di bidang pendidikan, ilmu pengetahuan, teknologi dan berdaya saing tinggi. Untuk itu, SMP Taruna Mandiri menyusun rancang  bangun kurikulum yang memberi dasar-dasar pengetahuan dengan penguatan pada kompetensi dan kecakapan hidup. Berdasarkan ketetapan peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) no 160 tahun 2014 tentang pemberlakuan kurikulum 2013 di tahun pelajaran 2020-2021  dan semangat ikut membangun bangsa yang jaya dimasa kini dan akan datang, SMP Taruna Mandiri menerapkan kurikulum nasional yaitu Kurikulum 2013 pada tahun pelajaran 2020-2021.  

Kurikulum SMP Taruna Mandiri pada tahun pelajaran 2020-2021 menerapkan prinsip – prinsip pengembangan Kurikulum 2013. Adapun pengembangannya berdasarkan prinsip bahwa peserta didik memiliki posisi sentral untuk mengembangkan kompetensinya agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, berkarakter dan berbudi pekerti luhur dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab terhadap lingkungan. Pada kurikulum 2013 peserta didik diharapkan mempunyai ketrampilan abad 21 yang diistilahkan 4C yaitu Communication, collaboration, Critical Thinking and Problem Solving dan Creativity and Innovation). Penguasaan ketrampilan 4C ini sangat penting khususnya di abad 21, abad dimana dunia berkembang dengan cepat dan dinamis. Untuk mewujudkan keterampilan 4C itu diantaranya yaitu dengan adanya Integrasi  PPK (Penguatan Pendidikan Karakter) dalam pembelajaran terutama 5 karakter yaitu religiositas, nasionalisme, kemandirian, gotong royong dan integritas serta Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yang tidak hanya sekedar membaca dan menulis melainkan mencakup ketrampilan berpikir menggunakan berbagai sumber baik cetak, visual,digital dan auditori. Juga dalam pembelajaran menerapkan Higher Order of  Tinkifng Skill (HOTS) yaitu dalam pembelajaran memberikan pelatihan yang melatih kemampuan berpikir kritis, logis, reflektif, metakognitf yang merupakan kemampuan berpikir tingkat tinggi sehingga diharapkan peserta didik dapat bersaing dalam kancah dunia. Untuk mendukung pencapaian tujuan tersebut pengembangan kompetensi peserta didik disesuaikan dengan potensi, perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik serta tuntutan lingkungan yang berkarakter dan berbudi pekerti luhur, serta sesuai dengan visi SMP Taruna Mandiri.

VISI SMP TARUNA MANDIRI

Visi tidak lain merupakan citra moral yang menggambarkan profil sekolah yang diinginkan di masa datang. Namun demikian, visi sekolah harus tetap dalam koridor kebijakan pendidikan sekolah. Visi juga harus memperhatikan dan mempertimbangkan: (1) potensi yang dimiliki sekolah, (2) harapan masyarakat yang dilayani sekolah.

Dalam merumuskan visi, pihak-pihak yang terkait (stakeholders) bermusyawarah, sehingga visi sekolah mewakili aspirasi berbagai kelompok yang terkait (guru, karyawan, siswa, orang tua, masyarakat, pemerintah) bersama-sama berperan aktif untuk mewujudkannya.

Visi pada umumnya dirumuskan dengan kalimat: (1) filosofis, (2) khas, (3) mudah diingat. SMP Taruna Mandiri Cimahi yang senantiasa berusaha melengkapi sarana dan prasarana untuk menciptakan pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (PAKEM) yang berupaya dapat melahirkan lulusan yang berakhlak mulia dan berkualitas pada tahun 2019 dengan berpijak pada prinsip visi sebagai berikut:

TERWUJUDNYA PESERTA DIDIK YANG CERDAS, BERKEPRIBADIAN, TERAMPIL DAN MANDIRI

Visi ini menjiwai warga sekolah untuk selalu mewujudkannya setiap saat dan berkelanjutan dalam mencapai tujuan sekolah.  

Visi tersebut mencerminkan profil dan cita-cita sekolah yang tergambar pada uraian berikut:

  1. Mendorong pengembangan potensi, minat dan bakat peserta didik baik dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan olah raga
  2. Menanamkan pembentukan pribadi yang sesuai dengan norma dan harapan masyarakat
  3. Membina kemandirian peserta didik secara terencana dan berkesinambungan
  4. Mendorong semangat dan komitmen seluruh warga sekolah

Untuk mencapai visi tersebut, perlu dirumuskan misi yang berupa kegiatan jangka panjang dengan arah yang jelas. Berikut ini merupakan misi yang dirumuskan berdasarkan visi tersebut.

MISI SMP TARUNA MANDIRI

Untuk mencapai visi tersebut, perlu dilakukan suatu misi yang berupa kegiatan jangka panjang dengan arah yang lebih jelas.Berikut ini merupakan misi yang dirumuskan berdasarkan visi di atas.

  1. Mengembangkan potensi, minat dan bakat peserta didik baik secara akademik maupun non akademik, diantaranya; a) mengembangkan potensi selama proses belajar peserta didik, b) meningkatkan hasil UN sebesar 0,5 point dibandingkan tahun sebelumnya, c) target kelas IX lulus 100% dan peserta didik kelas VII serta VIII naik kelas 100%, d) penyaluran minat dan bakat peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler, e) meningkatkan potensi peserta didik dalam kompetisi antar sekolah
  2. Menanamkan keimanan dan akhlak melalui pengamalan ajaran agama bagi seluruh warga sekolah sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat
  3. Membina kemandirian peserta didik melalui kegiatan pembiasaan dan pengembangan diri yang sesuai dengan kebutuhan
  4. Meningkatkan pengembangan kurikulum, diantaranya; 1) dengan meningkatkan proses pembelajaran, 2) meningkakan kinerja SDM pendidik dan tenaga kependidikan, 3) meningkakan kerja sama yang harmonis antarwarga sekolah dan lingkungan terkait
  5. Meningkatkan manajemen sekolah, yang meliputi; 1) Meningkatkan keterlaksanaan mutu pelayanan, 2) Meningkatkan ketersediaan sarana dan prasarana